Sejarah Singkat Desa Longat dan Masa Kepemimpinan

  • May 15, 2023
  • Desa Longat

Berdasarkan letak Geografis, Desa longat berada di Kaki Pengunungan Bukit Barisan persisnya di Kaki Gunung Dolok Tolong dan berjarak 150 meter dari pinggiran Danau Toba. Sebutan Longat dapat diartikan dengan hamparan yang Luas. Sesuai informasi yang didapat, para nenek moyang yang tinggal di Longat banyak yang menggembalakan kerbau dan bertani di Kaki Gunung Dolok Tolong, dan tempat yang dipilih untuk menggembalakan adalah hamparan yang luas dan sering disebut dengat kata “ Longat”. Kata inilah yang dipilih para penggagas pemekaran Desa kala itu, Sehingga muncul nama Longat hingga saat ini .

Desa Longat merupakan kenagarian Hinalang yang dulunya dipimpin oleh seorang Kepala Nagari bernama Raja Martin Siahaan. Seiring perkembangan zaman pada Tahun 1962 kenagarian Hinalang terbagi menjadi beberapa Desa dan salah satunya adalah Desa Longat yang dipimpin oleh Kepala Kampung yang pertama bernama Peterus Siahaan.

Masa Kepemimpinan Kepala Kampung Peterus Siahaan yakni 5 tahun ( 1963- 1968) dan selanjutnya dipimpin oleh Kepala Kampung Guru Tahuru Siahaan dengan masa kepemimpinan 3 Tahun (1969- 1972), serta Kepala Kampung Lamarius Siahaan memimpin selama 5 Tahun ( 1973-1978).

            Setelah kepemimpinan Kepala Kampung Lamarius, untuk panggilan kepada pimpinan ditingkat desa berubah menjadi Kepala Desa, dan untuk Desa Longat panggilan ini pertama kali disuguhkan kepada Ernis Siahaan di Tahun 1979 dengan masa jabatan selama 6 Tahun ( 1979-1985), selanjutnya dipimpin oleh Kepala Desa Kasianus Siahaan dengan masa jabatan 16 Tahun ( 1986-2002).

            Di Tahun 2003- 2008 Desa longat dipimpin oleh Kepala Desa Roida Siahaan, dan untuk tahun 2009 – 2015 di pimpin oleh Kepala Desa Gembira K. Siahaan, usai kepemimpinan Gembira K Siahaan dilanjutkan oleh Kepala Desa Hasudungan Siahaan sejak Tahun 2016- 2021.

            Sementara, untuk tahun 2022 hingga 2027 Kepala Desa Longat yakni Horas Madingin Siahaan, A.Md. Diawal kepemimimnan Horas Madingin, Dia melakukan terobosan terobosan untuk memajukan Desa Longat  yang Maju, Berkarakter dan Berbudaya.

            Menurut Kepala Desa Longat, Horas Madingin Siahaan, A.Md, dana APBDes Longat saat ini tidak mencukupi untuk mewujudkan Visi dan Misinya, sehingga Kepala Desa melakukan koordinasi dengan beberapa pihak termasuk Pemerintah Kecamatan Balige dan Pemerintah Kabupaten Toba. Lewat koordinasi ini, untuk Tahun pertama kepemimpinannya banyak bantuan dan pembangunan yang bertambah yang bersumber dari APBD Kabupaten Toba di Desa longat. Misalnya perbaikan Daerah Irigasi Hinalang sepanjang 200 M, pembangunan irigasi Lumban Hariara sepanjang 189 M, Rehabilitasi Bondar Sigiro.

            Selain pembangunan fisik, beberapa Organisasi Perangkat Daerah juga memberikan kontribusi di desa longat. Dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Toba memberikan penyuluhan pertanian dan melaksanakan simulasi pembuatan pupuk organic cair kepada masyarakat longat, Dinas PMD dan Dinas Kesehatan memberikan penyuluhan bagaimana mencegah stunting, Dinas Lingkungan Hidup memberikan RODA Tiga pengangkat sampah dan Amrol.