Desa Longat Desa Binaan Hatinya PKK, Pemkab Toba Menyerahkan Bibit Jahe

  • May 19, 2023
  • Desa Longat

 

Bertempat di Kantor Kepala Desa Longat, Bupati Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Pertanian menyerahkan 100 Kg Bibit jahe putih kepada TP PKK Desa Longat dan diterima langsung Ketua TP PKK Ny. Romina Horas Madingin Siahaan.

 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Toba, Ir. T.H Sitorus mengatakan Bibit jahe yang diberikan untuk TP PKK Desa Longat merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Toba untuk mewujudkan Desa Longat menjadi Desa Binaan Kriteria Hatinya PKK.

 

Ketua TP PKK Desa Longat mengatakan bibit jahe putih akan ditanam di Taman PKK Desa Longat dan sebahgaian lagi ditanam pekarangan rumah anggota PKK Desa Longat. “ Hatinya PKK salah satu tujuannya untuk memanfaatkan pekarangan rumah, ya!, paling tidak ditanami sayur-sayuran atau dimanfaatkan sebagai apotik hidup”, ungkap Romina.

 

Kepala Desa Longat Horas Madingin Siahaan, A.Md mengatakan Desa Longat salah satu Desa Binaan Kabupaten Toba kriteria Hatinya PKK sesuai SK Bupati Toba No , dan siap berkompetensi pada kunjungan monitoring TP.PKK Propinsi Sumatera Utara pada akhir bulan Mei TAhun 2023. “ Kita semakin semangat, Desa ini di SK-kan oleh Kabupaten untuk ikut berpartisifasi ke Tingkat Propinsi”

 

Dilanjutkan Kepala Desa, Dalam waktu dekat, Tim Verifikasi TP.PKK dari tingkat Propinsi akan melakukan monitoring dan penilaian terhadap desa kita, sebelum kedatangan mereka  nanti akan dilakukan pembenahan baik pembersihan dan penanaman sayuran di pekaranga rumah warga.

 

“ saat ini kita jor-joran melakukan pembersihan dan melakukan perawatan tanaman yang telah ditanam, kita juga melaksakan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan memanfaatkan pekarangan rumah”

 

Kepala Desa Longat Horas Madingin Siahaan, A.Md berharap dengan ditetapkannya Desa Longat menjadi Desa Binaan Hatinya PKK tingkat Kabupaten, Desa Longat dapat berbenah kearah yang lebih baik. “ harapan kita, masyarakat  memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayur-sayuran dan tanaman lainnya yang dapat menambah pendapatan masyarakat, disamping menambah pendapatan juga menambah keindahan komplek rumah warga”, imbuh Horas Madingin Siahaan.